Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
single-event-img-1

AYO TRAMPIL


Pengertian dan Pentingnya memiliki Ahli K3 Umum bagi perusahaan

Umumnya perusahaan diwajibkan untuk memiliki seorang pekerja dengan lisensi atau sertifikat Ahli K3 umum atau AK3U. Mengapa hal ini menjadi penting? Karena berguna dalam penerapan K3 (kesehatan dan keselataman kerja) di perusahaan, tempat kerja atau laboratorium bisa berjalan dengan baik.

Sebelum membahas keuntungan memiliki Ahli K3 ada baiknya kita memahami lebih jauh lagi tentang pengertian K3 umum ini. Agar kita semua memahami betul seberapa pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja di tempat kerja.

Dasar-dasar tentang K3 umum

Mengacu pada PP 50 Tahun 2012, K3 atau keselamatan dan kesehatan kerja adalah sebuah kegiatan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan penyakit yang disebabkan di tempat kerja, serta menjamin keselatan dan kesehatan bagi tenaga kerja. K3 sendiri di Indonesia diatur dalam :

  • UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja
  • UU Nomor 23 Tahun 1992 tentang kesehatan
  • Dan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan

Dan untuk melengkapi peraturan yang ada di dalam Undang-Undang, pemerintah juga berupaya melakukan penyempurnaan dengan mengeluarkan PP (Peraturan Pemerintah) sampai Keputusan Presiden yang mengatur tentang penyelanggaraan K3, yakni sebagai berikut :

  • PP Nomor11 tahun 1979 tentang keselamatan kerja pada permunian serta pengelolaan minyak dan juga gas bumi
  • Keputusan Presiden Nomor 22 tanun 1993 tentang penyakit yang timbul karena hubungan kerja
  • Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 1973 tentang pengaturan serta pengawasan keselamatan kerja di bidang pertambangan
  • Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1973 tentang peredaran, penggunaan dan penyimpangan pestisida

 

Pengertian tentang Ahli K3
Ahli K3 umum adalah tenaga kerja teknis yang memiliki keahlian khusus dalam membantu pemerintah melakukan pengawasan di tempat kerja, serta memperhatikan keamanan dan keselamatan selama proses bekerja berlangsung.

Ahli K3 umum bekerja dengan mematuhi pedoman yang ada di dalam Undang-Undang dan Peraturan yang ditetapkan Presiden dan Pemerintah. Ahli K3 umum memastikan semua berjalan dengan sebagaimana mestinya dengan mematuhi prinsip-prinsip K3, yakni mengurangi risiko kecelakaan dan penyakit yang ditimbulkan dari lokasi bekerja.

Dan mengacu pada Permenaker Nomor 2 tahun 1992, tertulis dan disebutkan bahwasannya perusahaan yang memiliki pekerja lebih dari 100 orang, atau memiliki risiko kecelakaan dan keselamatan yang tinggi, wajib memiliki seorang ahli K3 umum serta P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Tugas seorang Ahli K3 Umum
Orang yang ditunjuk sebagai Ahli K3 memiliki tugas dan wewenang sebagai berikut :

  • Mendapatkan informasi tentang syarat-syarat pelaksanaan K3
  • Menjaga dan memastikan jalannya pelaksanaan K3 yang baik di perusahaan sesuai bidang dan industrinya
  • Melakukan pemeriksaan keadaan lokasi kerja, mulai dari menganalisis sifat pekerjaan, memeriksa kondisi mesin, sampai mengawasi protokol produksi
  • Serta membuat laporan terkait pelaksanaan tugas K3 di perusahaan dan memberikannya kepada instansi yang berwenang

7 manfaat dan Keuntungan jika mengikuti pelatihan Ahli K3 Umum (AK3U):

Mampu melaksanakan pembinaan operasional K3 umum
Dengan mengikuti pelatihan ahli K3 perusahaan memiliki pekerja yang fokus melakukan pembinaan, pelaksanaan, analisis yang mengawasi kesehatan dan keselamatan kerja di lokasi atau tempat kerja.Memiliki Sertifikasi K3 yang bermanfaat dalam finansialKetika calon ahli K3 mengikuti program pelatihan K3 umum maka mereka akan dibekali tentang pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja, serta mendapatkan Sertifikat K3. Yang mana sertifikat tersebut akan memberikan efek dan manfaat bagi bidang finansial. Profesi sebagai AK3U juga menjadi profesi yang menjanjikan dengan standar gaji yang baik.

7 manfaat dan Keuntungan jika mengikuti pelatihan Ahli K3 Umum (AK3U):

1 ) Mampu melaksanakan pembinaan operasional K3 umum
Dengan mengikuti pelatihan ahli K3 perusahaan memiliki pekerja yang fokus melakukan pembinaan, pelaksanaan, analisis yang mengawasi kesehatan dan keselamatan kerja di lokasi atau tempat kerja.

2 ) Memiliki Sertifikasi K3 yang bermanfaat dalam finansial
Ketika calon ahli K3 mengikuti program pelatihan K3 umum maka mereka akan dibekali tentang pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja, serta mendapatkan Sertifikat K3. Yang mana sertifikat tersebut akan memberikan efek dan manfaat bagi bidang finansial. Profesi sebagai AK3U juga menjadi profesi yang menjanjikan dengan standar gaji yang baik.

3 ) Dapat menunjang promosi jabatan di perusahaan
Hampir setiap perusahaan wajib dan membutuhkan seorang karyawan yang memiliki sertifikasi K3, hal tersebut tentunya mengacu pada landasan dibentuknya K3. Maka demikian sangatlah penting seorang karyawan memiliki sertifikat K3, karena selain membantu pemerintah dalam melaksanakan fungsi K3, sertifikasi K3 juga dapat menunjang karir bagi pemiliknya.

4 ) Dapat Memahami Situasi di Lingkungan Kerja
Peserta yang mengikuti pelatihan K3 umum dan menjadi AK3U akan bisa memahami situasi yang terjadi di lingkungan kerja. Tentunya ini juga akan sangat membantu perusahaan dalam mencari sebab akibat dari sebuah peristiwa yang terjadi di perusahaan.

5 ) Mengurangi Angka Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja
Fungsi utama dari seorang Ahli K3 umu adalah melaksanakan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja di perusahaan, dengan demikian risiko-risiko yang dapat ditimbulkan karena pekerjaan di tempat kerja, akan berkurang. Dan hal ini dapat menguntungkan

6 ) Meningkatkan Citra Positif Bagi Perusahaan
Mempunyai sertifikat K3 umum juga akan sangat bermanfaat bagi citra perusahaan, keberadaan Ahli K3 dapat meningkatkan citra yang positif bagi perusahaan. Karena itu artinya perusahaan serius dalam penanganan soal kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawannya.

7 ) Memberikan Kepercayaan Kepada Mitra Kerja Perusahaan
Tidak hanya akan meningkatkan citra positif bagi perusahaan saja, dengan pelatihan K3 ini juga akan memberikan kepercayaan penuh kepada mitra kerja. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya rasa aman para mitra kerja perusahaan karena tidak adanya hambatan, insiden maupun kerugian yang terjadi dalam perusahaan.

Dimana bisa mendapatkan pelatihan K3 Umum?

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak lembaga penyelanggara pelatihan K3 Umum, salah satunya adalah AYOTRAMPIL. AyoTrampil memberikan pelatihan serta pengembangan kemampuan kompetensi softskill dan hardskill, untuk mendapatkan kelayakan sebagai Ahli K3 umum, dan juga mengeluarkan sertifikasi K3 umum yang legal.

Dan selama pelatihan K3 umum Anda akan mendapatkan materi-materi P2K3, pengawasan K3 penanggulangan kebakaran, pengawasan K3 listrik, prinsip-prinsip dasar K3, serta pencegahan risiko kerja.

Demikian adalah pemabahasan terkait K3 umum dan manfaatnya bagi perusahaan, bagi Anda yang berminat untuk mengikuti program pelatihan K3 Umum dan mendapatkan sertifikat Ahli K3 umum, bisa mengunjungi situs kami di https://ayotrampil.com/.

 

Whatsapp